Sabtu, 17 Juli 2010

Pemekaran Wilayah Kabupaten Sukabumi Terancam Gagal

Ketua Dewan Presidum Tetap Optimis

Pupus sudah harapan warga Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat untuk memekarkan wilayahnya. Kepastian ini menyusul, Pemerintah dan DPR sepakat menghentikan pemekaran wilayah, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten atau kota, Rabu (14/7) dalam rapat konsultasi pimpinan DPR bersama Pemerintah di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Sekadar diketahui, dalam rapat tersebut disebutkan berdasar evaluasi, 205 daerah hasil pemekaran mencapai 80 persen tidak berhasil. Keputusan ini tentu saja membuat kecewa kalangan yang pro pemekaran di Kabupaten Sukabumi. Pasalnya, sudah bergulir di telinga masyarakat Kabupaten Sukabumi akan menjadi dua wilayah, Kabupaten Sukabumi Mandiri (KBM induk) dan Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Sukabumi Utara (KSU).

Kendati begitu, Ketua Dewan Presidum Pemekaran, Rusli Siregar, mengaku tetap optimis pemekaran akan berlanjut. Menurutnya, pemekaran di Kabupaten Sukabumi tentu saja berbeda dengan daerah lainnya.

“Jangan disamakan Sukabumi dengan daerah lainnya. Sebab pemekaran merupakan solusi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Rusli saat dihubungi Pos Kota, Rabu (14/7). Disebutkan Rusli, alasan perlu adanya pemekaran melihat luasnya wilayah Kabupaten Sukabumi yang merupakan daerah terluas se-Jawa dan Bali.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan menegaskan provinsi Jabar mendapatkan jatah pemekaran hingga 39 kota/kabupaten. Sehingga menurutnya sangat berpeluang kalau Kabupaten Sukabumi dimekarkan.

“Mengenai pemekaran Kabupaten Sukabumi sudah sampai ke meja Kemendagri. Jadi kita tunggu keputusannya seperti apa,” tandasnya.

(sule/sir)


Sumber :
http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2010/07/15/pemekaran-wilayah-kabupaten-sukabumi-terancam-gagal
15 Juli 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar